Minggu, 01 Januari 2012

Twitter For NTB

Pagi hari berhiaskan mendung, awan hitam tebal menggumpal mewarnai langit yang sebentar lagi akan turun rintik hujan. Sang fajar yang malu-malu menampakkan sinarnya mulai menggodaku untuk bercerita. Segelas Kopi dan sebungkus rokok sudah ada diatas meja kamar Pribadiku, kumulai untuk menghidupkan Notebook kesayanganku yang terus saja bermain mata mengisyaratkan agar isi hati dan pikiranku tertuang lagi.
Hari ini di tanggal 17 desember 2011, yang bertepatan dengan ulang tahun NTB yang ke 53, ulang tahun tanah kelahiranku, provinsiku yang sudah tidak muda lagi tetapi masih dalam tahap pendewasaan diri dan ingin berdaya saing dengan provinsi  lainnya. NTB itu bukan Neymo Tequila Blues, bukan juga Nanem Tembakau Berjubel, tapi NTB itu adalah Nusa Tenggara Barat yang terdiri dari dua pulau besar Lombok dan Sumbawa serta dihiasi pulau-pulau kecil nan elok.
Menuangkan isi hati dan pikiranku disini yang hanya ingin mengumandakan kebanggan menjadi bagian dari NTB, kebanggan menjadi warga provinsi ini,dan kebanggaan diri memperjuangkan provinsi ini ke kancah Nasional maupun internasional.

Aku adalah putra asli Lombok Timur, NTB. Di tahun 2011 aku lulus kuliah di Jogjakarta, mendapatkan banyak hal dan pengalaman yang sangat berharga. Di tahun 2011 juga aku  pulang ke tanah kelahiranku. Pernah terbersit di pikiranku bahwa aku akan menetap di Jogja, layaknya orang-orang terdahulu, tetapi kebangganku menjadi warga NTB tidak bisa mengalahkan semuanya.

Prinsipku saat ini adalah “Bukan saatnya untuk menikmati, tapi siap untuk membangun”. Ya!! Apa gunanya aku kuliah jauh-jauh tetapi balik ke tanah kelahiran hanya menjadi penambah tukang nganggur dan keluyuran gak jelas. Mimpi akan aku wujudkan!! Aku akan melakukan sesuatu untuk NTB, dengan apa yang kubisa.  Mimpi, ya!! mimpi yang sejak lama terpendam tentang bagaimana aku bisa menjadi orang yang berguna bagi daerahku sendiri, berguna bagi masyarakat, berguna bagi Negara ini, dengan memulai hal yang paling kecil untuk mewujudkan sesuatu yang lebih besar.

Menjadi penggemar socmed (Social Media) adalah julukanku saat ini terutama media Blog dan Twitter . Dari sinilah aku mendapatkan ide bagaimana membangun NTB dari Socmed terutama dari twitter. Pengalaman di Jogja, Twitter banyak digunakan oleh pihak-pihak tertentu untuk memperkenalkan dan mengembangkan berbagai hal yang ada di Jogja, seperti pariwisata, teknologi dan pendidikan. Nah, disini, ketertarikanku membuat hal yang serupa dengan di Jogja akan kutuangkan di NTB, tanah kelahiranku dan menjadi tanda betapa bangganya aku menjadi bagian dari NTB.

Twitter, salah satu media yang sangat fenomenal dikalangan masyarakat semua kelas. Menurut data baru-baru ini, Twitter menjadi salah satu media yang paling banyak digunakan daripada Facebook. Yap, kedua media social ini sempat beradu memiliki banyak pengguna. Dari Twitter, data-data yang solid banyak kita jumpai, salah satunya mengenai Pariwisata, pengguna Twitter biasanya Up to Date, dan media social Twitter sangat sulit untuk dibajak, berbeda dengan Facebook. Nah, dari sini aku mendapatkan ide bagaimana berbagi informasi melalui Twitter seputar NTB, baik mengenai Pariwisatanya dan Potret Sosialnya. Step by step, aku membuat Akun Twitter yang bertema”Lombok” dengan tujuan memperkenalkan Lombok dengan segala kekayaan alamnya, memeperkenalkan situasi dan kondisi real, agar masyarakat lebih leluasa mengetahui. Selain itu, media Twitter juga aku gunakan untuk bagaimana mengajak masyarakat mencintai daerahnya sendiri.

Berikut aku akan share beberapa Akun Twitter yang aku persembahkan untuk NTB:
Sebelum balik ke tanah kelahiran, Lombok. Di Jogja aku membuat akun twitter yang berisi informasi seputar komunitas mahasiswa Lombok di Jogja. Akun ini sampai sekarang masih aktif dan dipegang oleh admin lain pasca aku lulus dan balik ke Lombok. Akun itu bernama @JogjaLombok dan Alhamdulillah banyak membantu temen-temen mahasiswa Lombok di jogja memperbaharui informasi mengenai kegiatan pengurus komunitas Lombok di jogja, event-event Mahasiswa Lombok di Jogja, Share suka duka mereka yang berada diluar daerah. Akun ini lebih dulu aku buat ketimbang akun resmi pribadi aku.. hehe

Setelah beberapa bulan mencermati dunia twitter, akhirnya aku membuat satu akun lagi, lain dari yang lain akun ini hanya untuk iseng-iseng saja. Akun twitter ini dijalankan dengan system BOT, yaitu sistem otomatis yang di setting oleh Yahoo Pipe dan Twitterfeed. Akun BOT ini bersisitem sama dengan akun-akun BOT lainnya, dengan cara me Retweet apa yang kamu ketik di twitter, dan kata-kata itu udah disetting di Yahoo Pipe, misal kamu mengetik “Lombok” berarti kamu akan di RT oleh akun-akun bot yang kata-kata ”Lombok”nya sudah tersistem di Yahoo Pipe, begitu juga dengan kata-kata yang lain apabila sudah tersistem otomatis. Beberapa akun yang aku buat bernama @NgupingLombok, tetapi dengan kesalahan teknis akun itu di suspend oleh yang empunya Twitter. Aku buat lagi akun Twitter BOT serupa, yaitu @ngups_Lombok, pengganti @NgupingLombok, dan kembali di suspend oleh yang empunya Twitter. Aku gak menyerah, aku membuat lagi akun BOT yang mengatasnamakan Lombok yaitu @LombokMenyapa, dan kembali lagi di suspend gara-gara kesalahan teknis yang kembali terulang. Gondok dan kecewa saat itu, akhirnya dengan kegondokan itu aku buat akun twitter BOT mengatasnamakan kata-kata kotor (Umpatan) Lombok, ups!! Akunnya  gak bakalan aku sebut, ini rahasia.. hehehe. Dengan hati-hati aku menata sistemnya di Yahoo Pipe dan Twitterfeed agar kesalahan yang sebelumnya tidak terulang  dan  alhasil akun itu tidak di suspend oleh yang empunya Twitter dan masih aktif sampai sekarang, jadi barang siapa yang mengumpat salah satu kata kotor khas Lombok di Twitter, siap-siap aja akan di umpat kembali ama akun BOT ku itu. Akun-akun BOT yang aku buat diatas, walaupun toh juga akun iseng, yang penting kelihatan bahwa orang NTB juga bisa membuat hal serumit itu.

Setelah balik ke Lombok, aku membuat kembali akun yang bertema Lombok. Kali ini berhubungan dgn teknologi Streaming Radio. Yap! Aku buat Akun @LombokStreamers. Akun ini berisi web radio stream. Musik yang diputar dari laptop dan dialiri oleh jaringan internet dan bertower di inggris. Jadi, web streaming itu bisa didengar oleh masyarakat seluruh dunia. Akun ini sempat diajak kerjasama oleh salah satu musisi terkenal yang berasal dari Lombok. Tujuannya, @LombokStreamers dijadikan wadah musisi lokal untuk memeperkenalkan musik mereka ke masyarakat, tetapi mungkin masih wacana, kita lihat nanti kalau mereka benar2 berminat. Web yang tercantum dalam profil @LombokStreamers tersebut juga masih sementara, karena menurutku web Streamers yang sebenarnya adalah penggabungan radio-radio disuatu daerah menjadi satu wadah dalam website dan ber-streaming. Jadi, @LombokStreamers masih dalam tahap perkembangan dan menunggu dana yang cukup. @LombokStreamers adalah sedikit lukisan mimpiku yang ingin menjadikan radio-radio di Lombok tergabung dan berstreaming, agar kerinduan masyarakat Lombok yang berada diluar negeri akan radionya, bisa terobati.

Setelah membuat @LombokStreamers, aku membuat akun lagi. Kai ini aku mebuat akun twitter yang berhubungan dengan pariwisata Lombok timur, secara, aku kan anak asli Lombok timur, hehe. Aku membuat akun @kabarlotim yang direkomendasikan oleh admin @infolombok. @kabarlotim berisi tentang kabar terkini Lombok timur, info destinasi dan akses wisata, wisata religi, wisata kuliner dan lain-lain. Akun ini banyak disupport oleh anggota Akun Lombok lainnya. Ide Akun @kabarlotim tertuang dari lemahnya informasi akun twitter Lombok Timur yang sudah lama dibuat. @kabarlotim juga membuat ide-ide baru mengenai pengembangan wisata Lombok Timur yang selama ini kebanyakan dari masyarakat belum banyak tahu tentang potensi Wisata Lombok Timur.

Nah, beberapa akun twitter diatas adalah buatan aku pribadi. Akun-akun tersebut beda gaya tetapi satu tujuan yaitu ingin memajukan dan mengembangkan segala hal yang ada di NTB terutama pulau Lombok yang terkenal akan Destinasi Wisatanya. Akun twitter diatas adalah murni untuk meramaikan twitterland bertemakan Lombok. Jujur,  aku gak mau kalah dengan daerah-daerah lainnya di Indonesia yang sudah lebih dahulu punya akun sejenis. Dan akun-akun twitter diatas adalah persembahanku untuk NTB yang sangat kucintai. Kalau kita bisa, kita mampu, kenapa gak?? Hehe…

Nah, inilah sedikit sajian “kopi susu” yang tertuang sebagai Kado untuk NTB yang berulang tahun ke 53. Semoga NTB semakin maju, persaudaran semakin kokoh dan tentunya mampu berdaya saing. Dan Kalau kamu semua mengaku mencintai NTB dan penggemar Socmed Twitter, silahkan Follow akun-akun diatas. Kita bisa, kita berani, kita mampu berdaya saing, mari bangga menjadi NTB.

*Cheeers* by @Akbarozski

2 komentar:

obyektif-magazine mengatakan...

Hallo Mas Akbar Kautsar, salam kenal ya. Fotonya masih muda dan bagus loh. Numpang lewat, salam kenal ya...Selamat dan sukses selalu untuk Anda. Kalau lewat ke Semarang, mampir ya. Trims informasinya tentang Lombok.

Salam kompak:
Obyektif Cyber Magazine
(obyektif.com)

Akbar Kautsar, S.IP mengatakan...

Hehehe, makasih mas. Salam kenal juga. Silahkan liburan di Lombok, banyak keajaiban yg anda saksikan di pulau kami yang kecil ini. Hehe