Selasa, 20 November 2012

Syuting Video Parekraf Promosi Wisata Indonesia

Oi sob, kemarin Selasa 13 November 2012 sampai hari Sabtu 17 November 2012 dapet kesempatan nih bawa rombongan syuting dari Syzygy Productions dari Jakarta. Mereka akan membuat film documenter tentang promosi wisata Indonesia dari project Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Mereka awalnya menghubungi Line Producer yang ada di Lombok yaitu mbak @Lasungu (Lastri Shofian) terus di hari H-nya saya sebagai orang lokasi bertugas membawa mereka ke lokasi syuting.
Dari pihak Syzygy Productions, mereka ditargetkan 7 hari di Lombok untuk keperluan
syuting ini. Dalam jangka 7 hari proses syuting di Lombok harus selesai. Beuuuh karena destinasi Lombok yang akan disyuting jaraknya berjauhan dan memakan waktu, akhirnya mereka dibagi menjadi dua tim. Tim A berjumlah 9 orang dipimpin oleh mbak Deliana Olivia (Odel) dan Tim B berjumlah 8 orang dipimpin oleh mas Willy Yohanes.
Saya mendapat bagian untuk mengurus yang Tim A yang dimana Tim A ini mendapat lokasi di sekitaran Lombok Tengah, Lombok Barat, Lombok Utara dan Mataram, sementara untuk Tim B diurus oleh mas Shofian (suaminya mbak Lastri) yang kebagian lokasi Rinjani dan sekitarnya.

Day 1 (Tuesday, 13 November 2012)
  1. 12.00 – 17.00 Wita. Jemput di Bandara Internasional Lombok kemudian langsung menuju Teluk Nara, nyeberang ke Gili Meno untuk take Gili Meno Bird Park. Beuh sehabis syuting disini kita diguyur hujan gede banget. Kemudian naik cidomo ke dermaga Gili Meno untuk melanjutkan perjalanan menuju Gili Trawangan. Dalam perjalanan laut menuju Gili Trawangan ada insiden kecil, yakni si Boatman hampir menabrak perahu nelayan yang sedang memancing. Beruntung aja mereka temenan dan bersyukur tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan, berantem misalnya.. hihihi
  2. 17.30 Wita. Check in Gili T Resort, angkat-angkat barang abis itu istirahat.
  3. 20.00 – 22.00 Wita. Dinner di Fortuna Café sekalian take kehidupan malam Gili Trawangan. Di Café ini kita juga take livemusic-nya dan proses pembuatan minuman khas Fortuna Café di bar-nya.
  4. 22.00 – 01.00 Wita. Kita menuju Surf Bar untuk take Dark Moon Party-nya. Sekalian juga kita party hahahahaha. Di sini banyak banget ababil dan alayer Australia yang ikut party. Rameeeeee…
  5.  01.30 Wita. Kembali ke hotel. Istirahat

Day 2 (Wednesday, 14 November 2012)
  1. 09.00 – 13.00 Wita. Jadwal di sini sedikit berubah. Awalnya untuk syuting snorkeling kita seharusnya ke Gili Air, tapi karena boatman yang ngajak ke spot yang mantap untuk snorkeling-an, akhirnya kita take di seputaran Gili Meno.
  2.  02.00 – 02.30 Wita. Check Out Gili T Resort, istirahat, makan siang dan sambil angkat-angkat barang ke Boat.
  3. 04.00 – 21.00 Wita. Nyeberang ke Teluk Nara dan langsung menuju Rumah Makan Taliwang Irama di Mataram guna take kuliner khas Lombok. Selanjutnya kita ke Udayana Park untuk take Sate Bulayak yang khas itu.
  4. 21.30 Wita. Check in Hotel Santika Mataram. Istirahat

Day 3 (Thursday, 15 November 2012)
  1. 07.30 – 09.30 Wita. Ke sentra kerajinan gerabah di desa Banyumulek, Lombok Barat. Di sini juga ada insiden kecil, salah satu anggota tim menjatuhkan gerabah seharga 350 ribu satu set. Hahahaha beruntung bayar cuma 150 ribu.
  2. 10.00 – 16.00 Wita. Ke Surfing Point Gerupuk. Di sini kita sudah menyiapkan dua talent surfer. Adik-kakak lho.. hehehe. Di sini juga ada insiden yakni GoPro (kamera kecil) milik mas Ferry (kameramen) hilang dihempas ombak. Tapi Alhamdulillah akhirnya ketemu oleh masyarakat sekitar.
  3. 17.00 – 19.00 Wita. Ke desa adat Sade guna take tarian Gendang Beleq, Presean (bela diri khas Sasak) dan kehidupan para penenun di desa ini. Mereka di sini juga sekalian belanja songket, patung, gelang dll.
  4. 19.30 Wita. Dinner di warung Murah Meriah Bengkel. Balik ke hotel Santika Mataram.

Day 4 (Friday, 16 November 2012)
  1. 07.30 – 12.00 Wita. Ke Pantai Tanjung Aan, Lombok Tengah. Sekalian ambil GoPro hilang yang sudah ditemukan masyarakat Gerupuk.
  2. 13.00 – 14.00 Wita. Ke Art Market Sayang-sayang, Mataram. Take olah-oleh khas Lombok sekalian belanja-belanja. Makan siang di Warung Padang Rembiga.
  3. 14.30 – 16.00 Wita. Ke Sekarbela, sentra mutiara Lombok.
  4. 16.00 – 19.00 Wita. Menuju Nipah Sunset Point. Lewat Senggigi hujan deras, beruntung sampai Nipah cerah ceria. Sunsetnya cakeeeeep.
  5. 19.00 – 20.00 Wita. Dinner di Warung Sukaraja, Ampenan. Balik ke Hotel

Day 5 (Saturday, 17 November 2012)
  1.  07.30 Wita. Perpisahan tim A dengan mbak Lastri di Hotel Santika Mataram.
  2. 08.00 Wita. Ke Bandara. Mereka melanjutkan syuting lagi di Bali.

Ini sih pengalaman pertama aku bawa orang syuting, ya secaraa biasanya bawa tamu liburan doang. Hihihi dapet pengalaman baru cyiiin.

Eh btw makasih buat mbak Odel selaku Creative Producer di tim A yang kece abis. Mbak Rachmi (Production Coordinator), jangan kapok ke Lombok ya mbak, walaupun udah mecahin gerabah di Banyumulek, hihihihi. Mas Ferry Rusli (DOP/Kameramen) hasilnya kece banget! Kerennn abisss.  Mas Jacky Ananda (Assisten DOP), tattoonya keren bro. Bro Bemby (IT-Loader), kapan-kapan balik ke Lombok lagi ya broh! Sutisna (Runner), nih si latah dan kocak abis, dibully terus-terusan ama kita, hahahaha sukses bro. Aris (pengawal alat), sukses bro buat usahanya, kapan-kapan kita bercerita lagi ya. Yannis (Photographer), potret kita dong bro! potreeeeet.. dimana ada lensa di situ ada saya, hahaha. Yang terakhir buat si talent Diang, kapan-kapan balik ke Lombok lagi sekalian ajakin si Rama yang mirip saya itu.. haahahaha.  KALIAN SEMUA KECE!!

Makasih sebesar-besarnya buat mbak Lastri dan mas shofian, saya nunggu projek film lagi nih, hahaha. Pak Mukrim (Boatman di Gerupuk dan bapak dari si Atenk dan Thamrin, 2 surfer kece). Pak Muslihin (Banyumulek). Pak jamil (Boatman selama di Gili). Pak Islahuddin (pemilik Surf Bar). Pak Aziz dan Mas Surya (Fortuna Café).  Pak Ayat (Bird Park Gili Meno). Pak Sukarti (Art Market Sayang-sayang). H. Shofian (Rumah Makan Taliwang Irama). Pak Fauzi (Gallery mutiara di Sekarbela). Pak Wahid (desa adat Sade). Mas Bowo (driver Avanza). Pak Aan (Driver Travello). Maksihhh.. makasiiihhhhh..