Jumat, 19 Oktober 2012

Jalan-jalan ke Pantai Gerupuk dan Pantai Buak, Lombok Tengah


Sob, balik lagi nih. Kali ini mau bahas sedikit tentang Pantai Gerupuk dan Pantai Buak. Sebenarnya saya mau pisah sih Pantai Gerupuk dan Pantai Buaknya, cuma karena dua pantai ini sejalur yaudah digabungin aja ya.. hehehehe :')

Cekidot yak!

1. Pantai Gerupuk

Pantai Gerupuk, pantai paling ujung yang berada di kawasan Mandalika ini berada sekitar 4 kilometer dari Pantai Tanjung Aan. Sebelum sampai di pantainya terlebih dahulu anda melewati perkampungan yang kebanyakan dihuni oleh para nelayan, petani rumput laut dan sebagian pengusaha penginapan yang menyediakan jasa penyewaan selancar.

Pantai Gerupuk persis berbentuk teluk ini dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk budidaya rumput laut. Di sisi kiri pantai ini apabila diperhatikan dengan seksama tidak ada ombak sedikitpun, itu sebabnya  banyak sekali keramba-keramba rumput laut warga yang berdiri di sisi sebelah kiri ini.


Di sebelah kanan pantainya relatif berombak tenang dan airnya yang hijau, karena jarak 20 meter pun masih dangkal. Apabila ombak sedang surut, banyak bebatuan yang muncul di sekitar Pantai Gerupuk sebelah kanan ini dan di tengah-tengah ada hamparan pasir putih yang muncul. Wow, pasti bermain-main air di tengah-tengah hamparan pasir ini pasti asyik. Hihihihihi

Pantai Gerupuk mempunyai dermaga yang melayani rute penyeberangan ke Pantai Buak, pantai yang menjadi lokasi surfing dengan ombaknya yang super dahsyat dan melayani penyewaan boat untuk para pemancing. Tarif penyeberangan skitar 300 ribu-an. Sementara itu, untuk tarif penyewaan boat untuk para pemancing hanya 400 ribu sehari dan di luar bbm. Untuk penyeberangan ke Pantai Buak, ada alternatif lain. Anda bisa menyeberang menggunakan perahu nelayan yang bisa muat hanya 5 orang penumpang, tarifnya hanya 100 ribu.

Fasilitas di Gerupuk sudah lumayan, walaupun tidak selengkap di Pantai Mandalika, disini kita sudah bisa menemukan warung makan dan kios-kios kecil penjaja cemilan. Penginapan disini juga sangat beragam, mulai dari yang murah sekelas homestay sampai yang mahal sekelas hotel. Kebanyakan penginapan ini menyediakan jasa penyewaan selancar. 

Yang paling menarik perhatian di Pantai Gerupuk adalah salah satu penyedia jasa penginapan menyediakan venue “dirtbike’ BMX dan “inline skate”, tapi venue ini disediakan khusus untuk para pengunjung hotel. Venue ini sengaja dibuat sebagai alternatif apabila para pengunjung gagal untuk berselancar dikarenakan ombak sedang tidak bagus.

2. Pantai Buak

Inilah pantai yang menjadi surga peselancar di Lombok, tak banyak yang tahu memang. Kebanyakan orang menyebut Pantai Gerupuk , mungkin karena Pantai Buak ini masih segaris dan sejalur dengan Pantai Gerupuk.  tapi sebenarnya Pantai Buak inilah yang mempunyai ombak dahsyat dan Pantai Gerupuk hanyalah penyedia jasa penyeberangan kesana.

Untuk menempuh Pantai Buak harus memilih 3 rute: 
> Rute pertama anda bisa berjalan menyusuri Pantai Gerupuk ke arah selatan selama kurang lebih 30 menit. 
> Rute kedua anda bisa mengendarai sepeda motor dengan cara soft trekking membelah perbukitan di sekitar Gerupuk, jarak tempuhnya kurang lebih 20 menit, motor anda pun bisa dititip di perkampungan Pantai Buak. 
> Rute ketiga anda bisa menyeberang menggunakan perahu yang telah disediakan di dermaga Pantai Gerupuk, biasanya rute ketiga inilah yang dipakai oleh wisatawan mancanegara. Jarak tempuh Pantai Buaq dari dermaga Gerupuk hanya 15 menit.

Gelombang Pantai Buak menjadi andalan peselancar lokal dan mancanegara. Ombaknya agak mirip dengan ombak Pantai Seger, pecah di tengah dan sangat menantang, hanya saja di Pantai Buak ini lebih tinggi dan hempasannya lebih dahsyat.

Tidak hanya ombak spesial yang disuguhkan oleh Pantai Buak, pantai ini juga surganya para Landscaper. Anda bisa memilih 2 spot disini, spot pertama namanya Pantai Buak “Dalam” yang memiliki gugusan bukit yang eksotis, pantai yang landai, ombaknya yang tenang dan berpasir putih merica. Sepintas apabila kita perhatikan air lautnya berupa gelaran karpet berwarna biru. 

Spot yang kedua adalah Pantai Buak “Luar”, nah disini yang menyuguhkan ombak dahsyat. Yang menarik perhatian, di Pantai Buak “Luar” ini ditengah-tengahnya ada Gili yang mirip seperti Piramida, Gili tersebut adalah Gili Golong yang berjarak sekitar 200 meter dari bibir pantai. Gili yang tidak berpenghuni ini sering dijadikan objek oleh para Landscaper karena bentuknya yang unik.

Yang menjadi kekurangan di Pantai Buak adalah belum adanya penginapan, tapi untuk soal itu anda bisa menginap di Pantai Gerupuk yang sudah banyak menyediakan homestay, hotel dan sebagainya. Ataupun jika anda menginginkan fasilitas yang lebih lengkap, anda bisa menginap di kawasan Mandalika yang tidak jauh dari Pantai Gerupuk maupun Pantai Buak.

Siiippp, itu dia sedikit pembahasan mengenai Pantai Gerupuk dan Pantai Buak. Semoga bermanfaat ya sob :')
*tutup lapak*
 

Tidak ada komentar: