Rabu, 24 Oktober 2012

Sisi Lain Jerowaru Part-4 (Pantai "tersembunyi" Sungkun)

Oiii sob, Kalau saya ditanya oleh orang-orang “mana pantai yang paling hidden di Lombok” saya akan memilih Pantai Sungkun, dengan alasan pantai ini berada di balik perbukitan Jerowaru, tidak ada penanda sama sekali dari radius 1 kilometer dari pantainya, bahkan gerbang masuknya pun tersembunyi. Infrastruktur di wilayah inipun jauh dari kata cukup. Tapi, setelah sampai di pantainya, perjalanan yang penuh perjuangan akan terbayar lunas!

Oke, ini dia sedikit review tentang Pantai Sungkun yang saya jelajahi kemarin hari Senin, tanggal 22 Oktober 2012. Cekibroot!

Pantai Sungkun berada segaris dengan Pantai Kaliantan dan Pantai Surga. Untuk itu pantai sungkun memiliki banyak kemiripan dengan kedua tetangganya itu.
Pertama, Pantai Sungkun memilik dua jenis pasir yaitu pasir putih halus dan pasir putih berbentuk merica. Kedua, ada padang rumput yang luas tempat dimana para penggembala mengembalakan kerbau, tapi biasanya kalau musim kemarau padang rumput ini berubah menjadi lahan tandus. Ketiga, Pantai Sungkun diapit dua bukit eksotis, tinggi dan bisa dinaiki. Keempat, ombak di Pantai Sungkun agak tinggi, kemungkinan besar bisa digunakan untuk berselancar.


Umumnya pantai-pantai di Lombok, Pantai Sungkun juga menyuguhkan panorama pantai yang luar biasa. Airnya yang biru, bening dan dangkal, untuk itu jangan heran apabila anda melihat beberapa orang dari masyarakat sekitar berjalan kaki jauh ke tengah laut untuk mencari ikan. Tapi, ada satu yang menjadi daya tarik Pantai Sungkun dari pantai-pantai lainnya di Lombok, yaitu view gili yang berbentuk kura-kura. Ya, kura-kura raksasa! berada sekitar 20 meter dari bibir pantai. Gili yang tidak berpenghuni ini kerap dijadikan objek oleh para fotografer.

Pantai Sungkun ini saya kategorikan menjadi dua, yaitu pantai sungkun kiri dan pantai sungkun kanan. Pantai sungkun kiri ini jarak gili berbentuk kura-kura lebih dekat, ada bukit yang bisa dinaiki, nah dari bukit inilah kita bisa melihat view pantai sungkun secara keseluruhan dari ketinggian. Selain itu di pantai sungkun sebelah kiri ini selain berpasir putih ada bebatuan keras yang mirip seperti susunan beton di bibir pantai. Disini pantainya agak dangkal dan ombaknya cukup tenang.

Sementara itu di pantai sungkun kanan, bukitnya tidak bisa dinaiki, keseluruhan dengan hamparan pasir putih, tidak ada bebatuan yang mirip susunan beton dan ombaknya agak tinggi. Tapi, untuk sekedar mandi, di sebelah kanan inilah yang cocok.

Untuk mencapai Pantai Sungkun, anda bisa memilih dua rute,yaitu dari arah pantai surga dan dari Pantai Kaliantan. Dari kedua rute ini anda akan membelah banyak perbukitan terjal dan jalan yang agak mengocok perut, hanya saja dari arah pantai surga anda bisa memakai roda empat, tapi kalau dari arah Pantai Kaliantan cukup memakai roda dua, karena dari arah Pantai Kaliantan ini anda akan melewati beberapa ruas jalan setapak yang cukup curam.

Dari arah Pantai Surga, anda akan menemukan banyak kampung transmigran dan di sepanjang jalan anda akan melewati perkebunan budidaya pohon jarak. Berbeda dengan dari arah Kaliantan, anda tidak akan menemukan perkampungan, tapi yang jadi kelebihan apabila memilih rute dari Kaliantan ini anda bisa menikmati view indah pantai-pantai selatan di sepanjang perjalanan.

Catatan:

1. Rute dari pantai surga: pertigaan kedua Pantai Surga, lurus, ikuti jalan setapak dan bertemu perkampungan. Setelah perkampungan ada perempatan, belok kanan.

2. Rute dari pantai kaliantan: ikuti jalur Kaliantan, lurus, bertemu perkampungan. Setelah perkampungan ada perempatan, belok kiri.

3. Saran saya,  lebih baik memilih rute dari pantai surga daripada dari Pantai Kaliantan.

4. Pantai Sungkun berada di Desa Ekas Buana, Kecamatan Jerowaru Lombok Timur.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

woow amazing bro